BUGAR KETIKA BERPUASA

Mei 30, 2017

BUGAR KETIKA BERPUASA

Berpuasa di bulan Ramadhan, seharusnya tidak membuat aktivitas kita terhenti karena badan lemas tidak makan dan minum di siang hari. Pasalnya, jika kita cermati kegiatan buka puasa dan sahur sejatinya menggeser sarapan di waktu sahur dan makan siang saat buka puasa. Bagaimana caranya agar badan tetap fit ketika berpuasa?
1. Jaga asupan makanan sehat ketika berbuka dan sahur.
Ketika buka puasa, pastikan kebutuhan nutrisi tubuh terpenuhi dengan makan makanan sehat kaya serat. Seperti sayuran hijau atau berwarna, buah-buahan, dan protein (nabati/hewani).
2. Jangan banyak makan gorengan, dan melupakan menu sayur, lauk yang sehat.
3. Makan makanan berat sebelum isya dan tarawih. Karena dengan makan di antara setelah sholat maghrib dan sebelum isya, tubuh mempunya waktu cukup untuk mencernanya sebelum kita tidur.
4. Atur porsi minum air mineral. Meskipun sedang puasa, kebutuhan akan cairan tetap harus dipenuhi. Karena kita minum 8 gelas per hari, maka minum 5 gelas air putih setelah buka puasa dan 3 gelas air putih ketika sahur.
5. Minum air perasan jeruk nipis/lemon dicampur madu pas sahur untuk melancarkan proses pembungan di pagi hari.
6. Makan cukup serat ketika sahur
7. Lakukan stretching atau olahraga ringan menjelang buka puasa. Karena cairan tubuh yang terbuang ketika berolahraga akan segera diganti ketika berbuka puasa.
8. Istirahat cukup.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.